Kamis, 20 Februari 2014

Rumah Rusak Di Rajadesa-Ciamis

Akibat Tanah Ambles

RAJADESA, ( KP).- Sebanyak 37 rumah warga mengalami rusak cukup parah akibat tanah ambles dan banjir yang terjadi Selasa (18/2/2014) sekitar pukul 20.00 WIB.
Dari 37 rumah yang rusak ter­sebut 22 rumah terjadi di Desa Sukajaya Kecamatan Raja­desa, 15 rumah terjadi di empat desa di wilayah Keca­matan Pana­wangan Kabupaten Ciamis.
Dari 22 rumah yang rusak di Desa Sukajaya, 4 rumah dian­taranya rusak berat, 18 rumah rusak ringan.Sedangkan 15 rumah di wilayah Keca­matan Panawangan, 10 rumah diantaranya jebol akibat diterjang banjir dari sungai Cijolang.
Menurut Wasliom (55) warga Dusun Bentuk Sari Desa Suka­jaya, tanah ambles terjadi sekitar pukul 20.30 WIB, ketika turun hujan de­ras mulai pukul 15.00-19.00 WIB.
“Saat kejadian, kami bersama keluarga sedang di da­lam ru­mah, tiba-tiba rumah goyang seolah ada yang mendorong. Dari atap terdengar suara “ ting peletek ”, tanpa pikir panjang kami langsung lari menyelamatkan diri, selang beberapa menit ru­mah kami ambruk, “ jelasnya.
Sementara itu, Camat Raja­desa, H. Dede, pascaterjadinya bencana tanah ambles itu, pihaknya langsung melihat kondisi rumah warga yang terkena musibah. Hasilnya dari ada 22 rumah warga yang terkena dampak dari tanah ambles.
Dari rumah yang rusak, em­pat diantaranya rumah warga yang sudah tak layak huni. Takut terjadi hal yang tidak diinginkan, untuk sementara me­reka disuruh mengosongkan ru­mahnya dan tinggal bersama saudaranya yang berada di tempat yang lebih aman.
Camat Panawangan, Asep De­di mengatakan dari hasil pendataan sementara terdapat 15 rumah warga yang mengalami rusak berat yang terjadi di em­pat desa yakni, Desa Sada­paing­an 9 rumah, Bangun Jaya 3 dan di Desa Mekar Buana 3 rumah, kerusakan rumah tersebut rata-rata mengalami keru­sakan cu­kup berat.
Sedangkan 18 rumah di Kec. Panawangan rusak akibat ta­nah ambles, longsor dan banjir dari kali Cijolang.
“Kami belum bisa mempre­diksi berapa jumlah total kerugian,” ujarnya. E-33***

sumber : Kabar Priangan

0 komentar:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "